Kamis, 06 Oktober 2016

APA ITU SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI?



DEA GUSTRIARIN MARYADI
11115621
2KA01

Hello Everyone, so welcome back to my blog. Berikut ini saya menulis artikel tentang tugas kuliah saya. Topik pembahasan kali ini tentang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jadi, sejauh apa kalian mengetahui hal  itu? Mari semua merapat karena post saya kali ini mungkin akan membantu sahabat readers menemukan jawabannya. Check this out!

Apa itu SISTEM INFORMASI?
Terdiri dari kata “SISTEM”. Lalu, apa yang dimaksud dengan “SISTEM”?
Dengan demikian sistem adalah suatu ruang lingkup kerja yang saling berhubungan satu sama lainnya, untuk berkumpul ataupun melakukan kegiatan dengan maksud dan tujuan tertentu.

     Karakteristik dari suatu sistem

Dan apa itu Informasi?
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.Data menggambarkan suatu kejadian yang nyata yang terjadi pada saat tertentu. 
Menurut Gordon B. Davis : ”  Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang”.
 
Siklus dari Informasi


Setelah kita mengetahui kedua definisi tersebut. Jadi, apa itu sistem informasi?
            Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

Sejarah Sistem Informasi
  Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat.
Pada tahun 1940 saat perang dunia ke 2 sistem informasi digunakan oleh militer untuk  pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.
1)      Generasi Pertama (1945-1955).
Pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2)      Generasi Kedua (1955-1965).
Batch processing system Job dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara  berurutan.Sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada, misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS,keduanya merupakan  bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi.

3)      Generasi Ketiga (1965-1980).
Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai secara online, sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :
·         Multiuser Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
·         Multiprogramming Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktubersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.
·         Time sharing Varian dari multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satuterminal online dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yangaktif secara bergantian secara cepat.
·         Spooling Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus,dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapapartisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsungditerima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupaantrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.

4)      Generasi Keempat (1980-199x).
Sistem operasi yang dapat melayani banyak mode, yaitu mendukung batch processing, timesharing dan (soft) real time applications. Perkembangan denganmeningkatnya kemampuan komputer dekstop (PC) dan teknologi jaringan(TCP/IP). Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global mereka (GIS/ Global Information System), tetapi masih terdapat beberapa hal lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan informasi  berbasis komputer yang mendunia ini. Pada tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan didorong untuk memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur sistem ini. Sistem yang mulanya dirancang untuk mendukung operasi yang tersentralisasi ataupun tidak tersentralisasi akan ditingkatkan untuk memampukan perusahaan induk dan cabangnya beroperasi sebagai sebuah koordinat suatu sistem yang terintegrasi. Adapun hal yan perlu ditingkatkan dan diintegrasikan secara utuh dalam pematangan sistem informasi dunia adalah peranan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System/ CBIS). 

Contoh dari Sistem Informasi :
Sistem Informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan.

1.      Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing Systems).
2.      Sistem Otomastisasi Kantor (Office Automation Systems).
3.      Sistem Informasi Manajemen (Management Infromation System)
Contoh :
·         Enterprise Resource Planning (ERP)
·         Supply Chain Management (SCM)
·         Transaction Processing System (TPS)
·         Office Automation System (OAS)
·         Knowledge Work System (KWS)
·         Information Management System (IMS)
·         Decision Support System (DSS)
·         Executive Support System (ESS)
4.      Sistem Informasi Akuntansi (SIA).
5.      dll
 




 Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi?
Teknologi adalah hasil pengembangan rekayasa yang dibuat untuk membantu manusai dalam memecahkan masalah. Sedangkan Informasi adalah hasil pemrosesan dari sekelompok data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.Data menggambarkan suatu kejadian yang nyata yang terjadi pada saat tertentu. 

Jadi, Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data dalam berbagai  cara agar menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.


Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli tentang Pengertian Teknologi Informasi :
1.            Teknologi Informasi menyangkut perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan data (Alter, 1992).
2.        Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995).
3.         Teknologi Informasi merupakan sebuah bentuk umum  yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, meyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi (Williams, Sawyer, 2005).
 Sejarah Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Setidaknya ada empat era penting sejak diketemukannya computer sebagai alat pengolah data sampai dengan era internet. Saat komputer menjadi senjata utama dalam berkompetisi dan masing-masing era mempunyai karakteristik. Munculnya komputer sangat mendukung terhadap dunia pendidikan dan usaha.

1.      Era Komputerisasi
·         Cirinya:
a)      Dimulai sejak tahun 1960.
b)      Minicomputer dan Mainframe sudah diperkenalkan di perusahaan, Seperti IBM.
c)       Banyak Perusahaan yang memanfaatkan komputer untuk keperluan  pengolahan data.
d)      Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar secara tidak langsung memonopoli pasar-pasa tertentu, karena belum ada pesaing.
e)      Hampir semua perusahaan besar yang begerak dibidang infrastruktur (listrik, komunikasi dan pertambangan pada saat itu membeli komputer untuk untuk membantu kegiatan administrasinya.

·         Tiga Generasi Komputer
a)      Era pertama komputasi yang dikenal sebagai era Mainframe
Banyak orang untuk satu komputer. Komputer ini adalah sistem sentral yang digunakan di seluruh kantor, dan perusahaan infrastruktur komputasi mereka. Namun, mahal dan sangat sulit untuk digunakan untuk karyawan rata-rata.  
b)      Era kedua komputasi yang dikenal sebagai era PC Satu komputer untuk satu orang. Ini era dimana terjadi sebuah ledakan di bidang teknologi. Ini adalah masa dimana komputer menjadi perangkat wajib untuk digunakan dalam aplikasi bisnis, dan hampir sama halnya sebagai televisi atau telepon rumah.
c)      Era ketiga dikenal dengan ubiquitous computing. Di era modernisasi ini, hampir seluruh aspek kehidupan kita  berhubungan dengan teknologi. Teknologi selalu mengalami  perkembangan pesat dan terus-menerus, khususnya perkembangan komputer dan sistem-sistemnya. Generasi saat ini dapat diistilahkan dengan generasi komputer. Generasi berikutnya akan  berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan dibandingkan personal.

2.       Era Teknologi Informasi
·         Cirinya:
a)      Dimulai sejak tahun 1970.  
b)      PC mulai diperkenalkan untuk menggantikan Minicomputer ataupun mainframe.
c)      Tidak sepeti halnya pada era komputerisasi ketika komputer hanya menjadi “ milik pribadi “ Divisi EDP perusahaan, diera kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan computer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing.
d)     Kegunaan computer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi tetapi juga untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif.
e)      Pada era ini computer memasuki babak baru yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi  perusahaan, terutama yang bergerak dibidang pelayanan dan jasa.


3.      Era Sistem Informasi
·         Cirinya:
a)      Diperkenalkan diawal tahun 1980-an  
b)      Teori manajemen organisasi modern mulai diperkenalkan terutama teori manajemen perubahan.
c)      Dalam pemilihan produk atau jasa yang dibutuhkan seorang pelanggan akan mencari perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut:
o   cheaper(lebih murah)
o   better  (lebih baik)
o    faster ( lebih cepat)
d)     Peranan komputer dan teknologi informasi yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi, SDM,  budaya perusahaan, manajemen dan komponen terkait lainnya, dalam membentuk system informasi yang baik , merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan secara strategis. 

4.      Era Globalisasi Informasi
·         Cirinya:
a)      Diawali sejak tahun 1990
b)      Tidak ada yang dapat menekan laju perkembangan teknologi informasi.
c)      Penerapan teknologi LAN, MAN, WAN dan globalnet.
d)     Diperkenalkan Payment Electronic (pembayaran secara elektronik).
e)      Faktor Ekonomi (krisis), Sosial budaya (reformasi), dan politik (demokrasi) akan mempengaruhi pada era ini yaitu dalam hal menghasilkan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan baru yang harus ditaati oleh perusahaan. 
·         Internet
Berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon. Yang mengatur integrasi dan komunikasi  jaringan komputer ini adalah protocol – protocol yang umum disebut TCP/IP. Transmission Control Protocol) yang memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. Sedangkan IP address (Internet Protokol) yang mentransmisikan data dari datu komputer ke komputer ini.
o   Fasilitas Internet:
a)      Web : Fasilitas Hipertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain.  
b)      E-Mail (Electronic Mail) : dengan fasilitas ini anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di Internet dan bila perlu anda dapat menyertakan file sebagai lampiran.
c)       Newsgroup : Fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel,  berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dalam kelompok diskusi untuk topik tertentu.
d)     FTP (File Tranfer Protocol), fasilitas ini digunakan menghubungkan ke server komputer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer anda.


Contoh Teknologi Informasi:
·         Mikro komputer
·         komputer main frame
·         barcode reader
·         perangkat lunak pemroses transaksi
·         perangkat lunak lembar kerja
·         CD
·         ROM
·         laptop, dan
·         peralatan komunikasi.

Summary :
Jadi yang dapat saya simpulkan, Sistem Informasi terdiri dari kata Sistem yaitu suatu susunan yang teratur dari beberapa kegiatan yang saling ketergantungan dengan tujuan mempermudah kegiatan-kegiatan utama dalam organisasi, sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bermakna. Lalu, apa yang dimaksud Sistem Informasi? Menurut saya, Sistem Informasi adalah suatu susunan yang saling berhubungan dan datanya sudah diolah menjadi bermanfaat agar mempermudah kegiatan-kegiatan di dalam lingkup organisasi.
Sedangkan Teknologi Informasi terdiri dari kata Teknologi yaitu rekayasa barang yang dibuat untuk mempermudah penyelesaian masalah pada manusai. Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bermakna. Jadi, yang dimaksud dengan Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang dibuat oleh manusia yang digunakan untuk menyampaikan data atau informasi yang sudah diolah menjadi bermakna sehingga informasi yang di hasilkan menjadi berkualitas, terjamin dan relevan.

Apa perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi?
Sistem Informasi lebih mencakup kepada informasi dan cara pengolahan informasi tersebut sehingga mendapatkan informasi yang valid dan bermakna. Sistem Informasi  itu juga mencakup seluruh sistem dalam perusahaan termasuk teknologi informasi, akuntansi, manajemen dan lain-lainnya. Dan Sistem Informasi lebih cenderung ke dalam pengembangan software.

Sedangkan Teknologi Informasi itu lebih kepada infrastukturnya dan TI sebagai penunjang atau pembantu dalam kegiatan sistem informasi. Dan Teknologi Informasi ini lebih kepada pengembangan bagian hardwarenya.


Daftar Pustaka :
  • Hutahaean, Jeperson. Konsep Sistem Informasi. Ed-1, Cet-1. Yogyakarta:Deepublish.
  • Muhammad,Suyanto. Pengantar Teknologi Informasi dan Bisnis; ed-1. Yogyakarta:Andi.





44 komentar:

  1. Wah terimakasih infonya. Sangat lengkap dan bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama alifah semoga bermanfaat ya😊

      Hapus
  2. Good article. Thnks for sharing,dea!

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih dea

    BalasHapus
  4. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  5. waaaw artikelnya bagus banget nih pas banget gue lagi butuh, thanks sissy

    BalasHapus
  6. terima kasih ya infonya bermanfaat banget :)))

    BalasHapus
  7. informasi yang diberikan bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat membantu sekali makasih yaa

    BalasHapus
  9. Artikelnya sangat bagus dan mudah dipahami, terima kasih infonya (y)

    BalasHapus
  10. Sama-sama andri. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  11. artikelnya bermanfaat sekalii :)

    BalasHapus
  12. gampang dimengerti nih gan, thankss

    BalasHapus
  13. artikelnya bagus mba dea, keep your good work!

    BalasHapus
  14. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  15. Thanks yaaa infonyaa :D jadi makin ngerti deh... hehehe

    BalasHapus
  16. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  17. thanks yaa udah berbagi ilmunyaa

    BalasHapus
  18. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    BalasHapus