Sabtu, 05 November 2016

INOVASI TEKNOLOGI MASA DEPAN

Halo readers semua, untuk tugas kali ini saya akan membahas tentang inovasi teknologi masa depan. Sebenarnya kalian tau ga apa itu inovasi teknologi masa depan? Jadi, inovasi teknologi masa depan adalah suatu ide baru yang dibuat oleh manusia dan akan merubah dunia dengan kecanggihan teknologi yang lebih maju dan lebih modern dari saat ini. Teknologi bergerak sedemikian cepatnya sehingga dalam waktu tidak lama lagi seluruh duniaakan berubah besar-besaran. Teknologi-teknologi baru yang sedang dikembangkan benar-benar revolusioner, hal-hal yang nyaris tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh parailmuwan dan hanya ada dalam khayalan-khayalan manusia. Di suatu hari nanti, manusia mungkin bisa hidup ratusan tahun tanpa mengenal penyakit,memiliki kecerdasan yang genius, dan pergi bertamasya ke luar angkasa.
Berikut adalah teknologi masa depan yang akan hadir untuk merubah dunia :
1.  Hololens


Hololens yang sedang dikembangkan oleh Microsoft. Inilah bukti terbesar teknologi masa depan yang sesungguhnya walaupun banyak teknologi lain yang sedang di uji. Holographic computing, teknologi ini sudah kita kenal dari film-film hollywood. Holografi adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Gambar berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan dalam cara yang sama seperti saat objek itu masih ada, sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram. 

2.   Car-to-Car Communication


Apakah anda pernah membayangkan mobil tanpa sopir? Saat ini, General Motors sedang bekerja sama dengan University of Michigan dan National Highway Traffic Safety Administration untuk mengembangkan perangkat lunak baru sebagai pengaman dalam berkendara bernama Car-to-car Communication.
Perangkat lunak Car-to-car Communication mampu mentransmisikan posisi, kecepatan, penggunaan rem, dan data-data lainnya kepada semua mobil yang ada di dekatnya. Perubahan algoritma akan dikumpulkan setiap detiknya dan diberitahukan kepada sopir jika terjadi ancaman atau bahaya dari kendaraan lain. Sistem ini sangat berpotensi untuk mereduksi tingkat kecelakaan saat berkendara sekaligus mempromosikan bagaimana cara menyetir mobil yang aman.


3.      Project Loon

Bagaimana cara semua masyarakat dunia dapat menikmati jaringan wireless dengan mudah. Google pun berencana untuk membuat sebuah balon udara wireless berukuran raksasa yang akan terbang pada lapisan udara stratosphere. Balon udara wireless tersebut akan terbang mengelilingi dunia dan memberikan sinyal kepada masyarakat setempat.
Tujuan utama Google melalui project ini ialah untuk memberikan dampak positif dan manfaat jaringan internet yang cepat bagi pengguna internet di seluruh dunia. Meskipun sudah begitu banyak orang yang dapat memanfaatkan internet, Google memahami betul bahwa ada orang-orang yang kurang beruntung karena belum memiliki akses untuk berselancar di dunia maya dengan nyaman, terutama di bagian negara dunia ketiga. Google juga tengah mengembangkan sebuah teknologi agar balon raksasa tersebut bisa mengudara tanpa harus menggunakan bahan bakar.

4.      Gelang "Cicret"

Sebuah perusahaaan teknologi yang berbasis di Prancis, Cicret, merancang sebuah gelang yang dapat dijadikan sebagai smartphone. Hal ini berarti kamu tinggal memakai gelang tersebut dan layar smartphone akan muncul di kulit kita.

5.      Hoverboard.

Hoverboard, dirancang oleh Lexus yang merupakan perusahaan otomotif asal Jepang, merupakan skate board tanpa roda. Lalu, gimana cara kerjanya? Dengan memanfaatkan udara yang dihempaskan dari dalam Hoverboard itu sendiri, Hoverboard akan melayang di atas tanah, atau bahkan di atas air.

6.      Nanoteknologi

Apa itu nanoteknologi? Nanoteknologi adalah segala teknologi masa depan yang memungkinan manusia memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom. Nanometer sendiri adalah ukuran 1/semilyar meter, atau nyaris ketebalan rambut dibelah 50.000. Itulah kedahsyatan teknologi nano.Tujuannya adalah menciptakan material-material baru masa depan, bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya.Kemungkinan aplikasinya benar-benar dahsyat dan akan merubah seluruh dunia. Bayangkan bila kita bisa menciptakan berbagai material baru yang lebih keras dari intan, dan jauh lebih ringan dari baja. (Carbon nanotubes, sp2 bond). Kita bisa menciptakan kerangka super kuat untuk mobil, pesawat terbang, atau bangunan dan jembatan. Dengan bobotnya yang lebih ringan, semua mobil dan pesawat juga akan lebih hemat energi.    
7. Komputer Kuantum

Bayangkan sebuah komputer masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dan upercomputer tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik).Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakanmemakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menitsaja.Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejalaalam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, sepertigempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang. 

8.   Space Elevator, Tangga Menunggu Bintang-Bintang


Space elevator atau Tangga Luar angkasa adalah seperti lift yang sangat tinggi dari bumi menuju ke orbit bumi di luar angkasa, 35.000 kilometer tingginya. Dengan lift ini perjalananke orbit bumi akan menjadi lebih mudah, dan murah. Banyak orang berharap, bahwa program ruang angkasa yang tadinya berhenti sampai di bulankarena sangat mahal, akan bisa dimulai lagi. Dan mungkin impian manusia untuk pergi keMars, akan terwujud.Lift ini awalnya hanya berupa khayalan, tapi ternyata dengan ditemukannya sebuah teknologi baru, hal ini menjadi sangat memungkinkan diwujudkan. Teknologi itu adalah Carbonnanotube, material baru yang dikatakan lebih kuat dari intan dan lebih ringan dari baja.Hal ini nantinya akan memungkinkan dimulainya era baru dalam penjelahajan ruang angkasa.

Suatu hari nanti, akan datang suatu masa dimana melalui rekayasa genetika seluruh manusia akan mempunyai fisik dan kecerdasan yang nyaris sempurna.Lalu dengan kemajuan teknologi komputer, komputer kuantum dan nanoteknologimemungkinkan manusia memasukkan Quantum Computer  berukuran partikel ke dalam otaknya dan menggunakan partikel-partikel nano untuk makin memperkuat tubuhnya. Ini adalah hal yang dinamakan Singularitas. Penyatuan antara biologi manusia dengan teknologi.

DAFTAR PUSTAKA :








11 komentar:

  1. Badhaaay nih infonya sebadhay alisnya

    BalasHapus
  2. Nais artikel Arin ^_^
    Semoga Arin bisa ikut berkontribusi memberi inovasi di masa depan yaa

    BalasHapus
  3. wahh keren yaa teknologi di masa depan, artikelnya bagusss dan bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Makasih info2 dari artikelnyaa. Keep writing yaa!!

    BalasHapus
  5. mantaap, nice info. lanjutkan barkarya..!!

    BalasHapus
  6. Bagus sekali informasinya. Thanks a lot

    BalasHapus
  7. Wah, keren ya! Semoga bisa terwujud :)

    BalasHapus