Kamis, 13 Oktober 2016

TEAM WORK



 DEA GUSTRIARIN MARYADI
2KA01
11115621



TEAMWORK

Sebenarnya apa itu kerja tim/team work?
            Tim adalah kumpulan individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk itu, ada aturan main dan mekanisme kerja yang jelas baik bagi perseorangan maupun kelompok. Ada dua hal penting yang hendaknya kita mengerti dan patuhi, yaitu tentang tugas berserta permasalahannya, serta proses dan interaksi antar anggota.

Apakah kerja tim diperlukan?
            Ya, kerja tim/team work sangat diperlukan karena dapat menciptakan sumber daya manusia yang luar biasa kuat, sebab berbagai talenta tergabung dan menjadi suatu kekuatan untuk mencapai tujuan. Kreatifitas dalam menyelesaikan berbagai hal yang membutuhkan kerja sama akan tercipta karena banyak pihak yang terlibat.

Siklus hidup tim
1.      Forming atau Pembentukan
·         Para anggota setuju untuk bergabung dalam kelompok demi mencapai tujuan bersama
·         Masing-masing anggota membawa nilai, pendapat, cara kerja sendiri-sendiri, dan tidak memedulikan nilai, pendapat, dan cara kerja orang lain.
·         Masing-masing masih merasa sungkan, malu-malu, sehinggga memang terjadi kekompakkan, tetapi semu.
·         Diantara mereka sendiri belum dapat memilih seorang pemimpin karena belum saling mengenal secara mendalam.
2.      Storming atau Kekacauan
·         Pada tahap ini mulai muncul kekacauan akibat nilai-nilai, pendapat, cara kerja yang berbeda-beda dan mengalami benturan satu dengan yang lainnya.
·         Para anggota mulau meragukan kemampuan pemimpin karena sudah mulai mengenal kebilhan dan kekurangan, bakat dan talenta masing-masing.
·         Muncuk kelompok-kelompok kecil, faraksi-faraksi, mencapuradukan tugas dan masalahnya, proses dan interaksinya dengan masalah-masalah pribadi.
·         Dalam tahap ini, komunikasi dan relasi masing-masing pribadi masig sangat kecil, terjadi kasak-kusuk dan relasi komunikasi yang tersembunyi-tersembunyi.
3.      Norming atau situasi normal setelah kekacauan
·         Mulai tumbuh kesadaran untuk bekerja sama dan menghindari kehancuran unit kerja atau kelompok karena kekacauan yang ada.
·         Mulai tumbuh semangat bekerja sama. Ada kebebasan yang tulus untuk mengungkapkan perasaan dan pendapat walaupun mungkin berbeda satu dengan lainnya.
·         Masing-masing anggota mulai saling menjadi pendengar yang baik.
·         Masing-masing mulai menaati peraturan dan mekanisme kerja yang telah ditetapkan.
4.      Performing atau Pembanguna Kembali Tim Yang Andal
·         Kalau suatu tim bisa mencapai tahap ini, maka tahap ini merupakan puncak keberhasilan.
·         Sistem kerja yang dilaksanakan amat produktif, efisien, dan efektif.
·         Prestasi kerja kelompok, perseorang, dan proses serta interaksi antarpribadi dan bagian sangat baik
·         Terjadi relasi dan komunikasi baik mengenai karya maupun personal pribadi/keluarga secara akrab.

Pelajaran dari teamwork 

Hal berharga yang didapat dari teamwork yaitu Great Greeting (GG). Dengan great greeting terdapat 4 poin penting yaitu :
1.      Eye contact  : yang dapat menimbulkan energi untuk bekerja sama seperti memiliki kedekatan antar anggota sehingga akan bekerja lebih nyaman.
2.      Smile : yang dapat mencairkan suasana sehingga dapat membuat antar anggota mempunyai mood yang baik 
3.      Hand shaking : dapat menunjukkan sikap rendah hati sehingga tidak ada rasa “atasan dan bawahan”.
4.      Semangat pagi untuk menjaga semangat tiap anggota agar tetap dapat bekerja dan mengeluarkan kemampuannya secara maksimal. Dengan diaplikasikannya Great Greeting diharapkan dalam sebuah teamwork akan terjalin suatu ikatan agar dalam bekerja sama dapat berjalan lancar dan setiap anggota dapat mengeluarkan kemampuan maksimalnya untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Keterampilan Anggota
a.       Manajerial
·         Anggota hendaknya memiliki keterampilan dalam menyusun rencana kerja.
·         Anggota hendaknya cerdas dalam menentukan tujuan, baik tujuan yang sesuai dengan tanggun jawab dan kewenangannya, maupun tujuan kelompok sebagai tim.
·         Anggota juga hendaknya terampil dalam memantau kinerjanya diri, sehingga dapat mengukur dan menilai demi peningkatan kinerja diri.
·         Anggota mampu mengadakan pemantauan perkembangan pelaksanaan tanggung jawab dan kewenangannya.
·         Anggota mempunyai keyakinan dan kepastian bahwa pekerjaan yang dilaksanakan, dikerjakan dengan tepat dan benar.
b.      Interpersonal
·         Setiap anggota hendaknya memiliki keterampilan berkomunikasi yang memadai termasuk kemampuan menjadi pendengar yang kreatif.
·         Setiap anggota hendaknya mampu menghargai pendapat atau gagasan orang lain
·         Setiap anggota hendaknya terampil menjalin hubungan atau berelasi dengan orang lain.
·         Setiap anggota hendaknya mampu menjaga pergaulan dan persahabatan yang baik untuk mendukung kinerha bersama.
Faktor Pengaruh pada Motivasi Tim
1.      Tujuan
2.      Tantangan
3.      Keakraban
4.      Tanggung Jawab
5.      Kesempatan untuk maju
6.      Kepemimpinan

Karakteristik Kelompok:
1.      Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik   secara verbal maupun non verbal.
2.      Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi anggota suatu kelompok
3.      Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit.
4.      Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
5.      Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.


Kekuatan Team Work

Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu. Bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan.
Berikut poin-poin teamwork yang baik:
1.      Teamwork adalah kerjasama dlm tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
2.      Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
3.      Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
4.      Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparmen harus disingkirkan.
5.      Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
6.      Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
7.      Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
8.      Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera terealisasi.
9.      Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team.
10.  Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target.
11.   Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
12.  Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
13.  Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.



Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar